Random!!!

Bismillah…

Ada hal yang unik yang saya temui dalam keluarga besar saya dalam hal penamaan anak-anaknya. Unik dan Aneh, adalah dua kata yang menggambarkan hal itu 🙂. Prinsip yang mengatakan bahwa “apalah arti sebuah nama” sungguh tidaklah benar menurut saya, dalam Islam pun diajarkan bahwa kita harus memberikan nama-nama yang baik kepada anak sebagai do’a bagi mereka.. Berbicara tentang nama, saya jadi tertegun sendiri dengan nama saya. Sempat heran, mengapa nama anak-anak perempuan dari orangtua –saya dan adik, red- namanya tidak ada unsur islaminya sama sekali. Bahkan nama saya itu terkesan kehindu-hinduan lho.. Asti Saraswati. Tahukah? Saraswati itu nama dewi dalam agama hindu, katanya sih dewi kepintaran. *Nah lho?*. Saya sempat protes kepada mamah tentang penamaan ini, dan akhirnya memutuskan untuk tidak menanyakan lagi. Lebih memilih legowo dengan nama yang disematkan kepada saya dan be proud of it. Mamah mengupahi dengan bilang “kalau urusan teteh sama dede yang penting bukan nama, tapi akhlaknya” *dan kami meleleh*. Well, bagaimanapun, saya bersyukur dikasih nama. Daripada ngga sama sekali kan? J

Ah ya, sebetulnya saya ingin bercerita tentang nama para ponakan/sepupu saya yang lucu-lucu nan aneh beserta nama panggilannya. Nih ya:

1. Muhammad Fayyadh (Aden)

2. Albian (Abiet)

3.  (Naya)

4. Alkaaf (Akaf)

5. M. Zihad Al Mazhabi (Iad)

6. Keysza (kekey)

7. Luirra Asha Nasitha  (lulla)

8. Rasyid (Acid)

9. Sultan Khaindra Al-Kahfi (Cutan)

10. Zia Ulhaqq (Zia)

11. Genji Al Kuna (Genji)

12. M. Zibran Al-Habsyi (Iban)

13. Altarek (Atah)

14. Najwa Ratu Azalaika (Ratu)

15. Aditya Iqro Dharma Narayan (Didit)

16. Bujangga Nom Sofi Dharmaudawa (Anom)

kids

Sebetulnya banyak sepupu saya yang masih kecil dan namanya lucu-lucu. Tapi saya baru hafal segini, itupun ada yang gak saya hafal nama panjangnya. Dari 16 nama keponakanku ini, yang bikin saya cekikikan luar biasa karena keanehannya adalah “Anom” dan “Atah”.

Anom adalah keponakan saya yang tinggal di bandung, usianya baru 2 tahun. Saya asli ketawa-tawa waktu pertama kali diberitahu namanya. Sekaligus amazed juga sih. “Wah, niat banget melestarikan budaya sunda ini mah”, ujar saya terkesan. Sampai-sampai ya, panggilan ayah-ibunya Anom pun adalah  “Abah – Ambu”. Jadi serasa nonton film kabayan yang jadulJ. Tapi benar-benar salut sama sepupu saya itu, beliau benar-benar niat melestarikan budaya sunda dengan memberikan nama pada anaknya seperti itu. Ngan kacida ribribna Anom kalau sudah besar nanti, gimana dia berhadapan dengan UN, pasti pegal sekali untuk menulis dan membulati namanya yang polynomial nomenclatur tersebut😄.

Sedangkan Atah adalah ponakan saya yang tinggal di Sangatta-Kaltim sana. Kulitnya kecoklatan dan tubuhnya mungil sekali. Ketika mendengar namanya, saya langsung nyeletuk “Wah, si atah mah udah gedena moal asak-asak euyJ”.. Jadi, atah itu dalam bahasa sunda artinya mentah, belum matang. Jadi yaa, luculah menurut saya.

Well, berkaca pada nama-nama ponakan saya yang unik-unik dan bagus-bagus, saya jadi kepikiran juga. “Apa ya, nama buat anak-anak saya nanti?” lalu “Nanti panggilan anak-anak ke saya dan suami apa ya?” Harus dipersiapakan segera nih😀, meskipun entah kapan punya anaknya juga😀

The point is, nama anak adalah do’a dari orang tua bagi mereka. Sehingga, orangtua punya kewajiban untuk memberikan nama yang baik sesuai sunnah rasul yang diajarkan J

That’s it !

Regards,

Asti

3 thoughts on “Random!!!

  1. hehe..jadi ketawa membaca..nama sy dan kembaran juga aneh dikasih orangtua, udah gitu pendek bgt…sodara yang lain lumayan islami, jadi ngri.🙂 kita ambil hikmahnya aja ya mbak..buat generasi setelah kita
    salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s